Sejarah Desa

Seingat para Pinisepuh, bahwa pada masa-masa penjajah dulu dan Pemerintahan dipegang oleh Kraton, Kepala Desa Tanjung dijalankan oleh Bp. Kariyo Direnggo dan beliau menjalankan tugas sampai dengan tahun 1936. Mulai tahun 1937 Kepala Desa Tanjung dijabat oleh Bp. Kariyo Sumarto, beliau berdomisili di Dususn Tanjung dan sarana Pemerintahan terletak dirumah beliau.

Walaupun pusat Pemerintahan terletak diujung selatan Desa Tanjung, namun tidak mengurangi kelancaran Pemerintah dalam melayani masyarakat dan tetap berjalan lancar sampai berakhirnya masa jabatannya di tahun 1965. Tahun 1966 roda Pemerintahan dijalankan oleh Pejabat Sementara yaitu Bp. Sarmun, kemudian tahun 1967 diadakan pemilihan Kepala Desa dan yang terpilih sebagai Kepala Desa Tanjung adalah Bp. Soekarno. Dalam masa Pemerintahannya beliau berupaya keras untuk memindahkan Balai Desa yang semula di ujung selatan, kemudian atas hasil musyawarah dari semua lembaga dan tokoh Masyarakat akhirnya berhasil dipindahkan di Dususn Jajar Desa Tanjung.

Pemerintahan yang dijabat Bp. Soekarno berakhir pada tahun 1987, kemudian di tahun 1988 diadakan pemilihan Kepala Desa lagi sehingga terpilih Bp. Soesilo untuk menjalankan roda Pemerintahan Desa Tanjung, dalam Pemerintahan yang beliau pimpin beliau mengutamakan pengerasan jalan yang semula berupa jalan tanah menjadi jalan makadam, pada tahun 2006 berakhir masa jabatannya.

Pada awal tahun 2007 diadakan pemilihan Kepala Desa lagi, dan yang terpilih adalah Bp. Pebruanto, beliau hanya menjalankan tugas selama kurang lebih 3 bulan. Beliau meninggal dunia karena sakit, kemudian tahun 2008 diadakan pemilihan Kepala Desa lagi, dan yang terpilih menjabat Kepala desa Tanjung adalah Bp. Setu Haryanto yang semula menjadi anggota BPD ( Badan Pertimbangan Desa) dan saat ini berubah menjadi ( Badan Permusyawaratan Desa), beliau berakhir masa jabatannya pada tahun 2013. Kemudian roda Pemerintahan Desa Tanjung dijalankan oleh Pejabat sementara yaitu Bp. Sarino selama 2 bulan dilanjutkan Bp. Sudarno Selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Dra. Djuwarijah, M. Si. selama 2 tahun dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016.

Pada tanggal 24 November tahun 2016 di Desa Tanjung diadakan pemilihan Kepala Desa secara demokratis, sehingga mengusung Bp. Setu Haryanto sebagai Kepala Desa Tanjung yang baru. Di dalam mengemban amanah menjalankan tugas sebagai Kepala Desa Tanjung, mudah-mudahan bisa menjalankan program-program yang berkaitan dengan misi dan visi semenjak ditetapkannya menjadi Pj. Kepala Desa. Atas do’a restu dan dorongan maupun bantuan dari masyarakat akan bisa terlaksana dengan baik.